Q&A Program Studi Matematika Part 2

Halo, teman-teman… Welcome back to my blog, Oke kali ini akan Adji lanjutkan ya penjelasan mengenai beberapa fakta-fakta yang harus kamu ketahui mengenai program studi matematika. Semoga membantu yaa

Bagi yang baru datang, silahkan di cek dulu ya post mengenai Q&A Program Studi Matematika Part 1 https://adjijourney.wordpress.com/?p=346

Sudah dibaca??

Oke, let’s check it the next one

  • Kok bisa banyak dibutuhkan perusahaan?

Karena mahasiswa Matematika umumnya memiliki kemampuan analisis yang lebih tajam dibandingkan lulusan lainnya. Karena kita memang sehari-hari belajar bagaimana menganalisis sesuatu yang abstrak(Teorema T__T) menjadi suatu karya(wkwkwk… maksudnya sebuah jawaban analisis kita).

  • Eittss.. walaupun kita sehari-hari belajarnya analisis, tapi mahasiswa Matematika berhak lho menentukan minat dan pengembangannya(Kalau di IPB kita bisa memilih peminatan di tahun ke-4).

Peminatannya apa aja(Sampel kasus di IPB 2019 ya)???

-Matematika Murni(Ini nih cocok untuk mereka yang ingin fokus menjadi dosen)

-Riset Operasi (Ini nih cocok untuk mereka yang basicnya jago coding)

-Matematika Komputasi(Nah, bedanya sama Riset Operasi terletak pada penggunaan logikanya, kalau riset operasi logika harus jalan banget T__T, sedangkan Matematika komputasi lebih ringan sedikit)

-Pemodelan Matematika(Ini cocok banget bagi kalian yang ingin bekerja di perusahaan swasta khususnya bagian Research and Development Produc(Salah satu departemen di perusahaan yang sering muncul di K-Drama lho wkwkwk), karena di peminatan ini kita akan lebih banyak belajar bagaimana cara mengoptimumkan benefit penjualan produk dengan biaya produksi seminimum mungkin)

-Matematika Ekonomi, Keuangan dan Aktuaria(Ini cocok banget untuk kalian yang ingin fokus untuk menjadi seorang bankir, ahli keuangan atau aktuaris. Apalagi aktuaris yaaa, tahun ini promosi profesi aktuaris Booming banget kan di Indonesia, hehehe.. untuk peminatan ini akan Adji ceritakan lebih lanjut di post lain yaa)

  • So, teman-teman sudah mulai jelas dengan perbedaan antara Pendidikan Matematika dan Matematika. Yang jelas prodi matematika dominan untuk mereka yang berniat bekerja di kantoran yaa.

3. Apa kekurangan kita jika sebagai mahasiswa jurusan Matematika?

Okey, last but not least. Dari sekian kelebihan berkuliah di jurusan matematika ada lho sisi lain yang merupakan dampak negative dari sisi positif itu sendiri.

  • Karena kuliah kami hanya di kelas, otomatis kami kurang terbiasa dengan aktivitas di lapangan. Padahal ketika kita masih menjadi pegawai baru di perusahaan, pengalaman di lapangan ini penting banget lho. Oleh karena itu, kita yang jurusan Matematika harus pintar-pintar memanajemen waktu yang ada, sehingga banyak teman-teman Adji memanfaatkan waktu dengan bergabung BEM(Badan Eksekutif Mahasiswa), UKM(Unit Kegiatan Mahasiswa) atau komunitas lain. (Kalau Adji bergabung ke UKM Kepenulisan dan Penelitian xixixi)
  • Sosialisasi atau kekompakkan antar mahasiswa kurang solid dibanding prodi yang mengadakan kegiatan lapang. Nah, ini sih pasti yak arena kegiatan lapang itu kan di luar jam kuliah jadi pasti tatap muka lebih intens dibanding kami mahasiswa matematika. Jadi untuk mengurangi problem ini, kami mengadakan kegiatan-kegiatan untuk mengakrabkan antar mahasisa seperti upgrading, malam keakraban, inagurasi matematika(Mirip2 prom night, tapi gak nyampe datangnya harus berpasangan cowok-cewek gitu kok xixixi) dll.

Nah itulah beberapa pendapat Adji untuk menjawab 3 pertanyaan umum yang sering menjadi “miskonsepsi” di kalangan masyarakat dan ini semua Adji jawab fact based on my experience ya, jadi gak ada yang dilebih-lebihkan atau dikurangi ^_^ . Semoga bermanfaat dan  kunjungi ya postpost Adji yang lainnya karena banyak hal-hal yang bisa diulik seputar kehidupan siswa SMA bertransformasi menjadi seorang mahasiswa dari blog ini, see you really soon

Regards,

Muhammad Adji Prakoso

Tinggalkan komentar