Tips “Menikmati” Senggangya Kuliah


Hi,glad to post something again. Here I am wanna post another experience as one of college student in IPB.

Jadwal kuliah yang senggang terkadang menjadi pisau bermata dua, bagi para mahasiswa khususnya saat di bangku tingkat 2/3. Menurut Adji hal ini disebabkan beberapa hal yaitu:

  1. Euphoria belajar yang mulai menurun dibandingkan saat baru memasuki dunia kuliah(Tingkat 1)
  2. Kesibukan organisasi/ bisnis sampingan yang semakin padat
  3. Distraksi dunia romansa diantara 2 sejoli yang sedang mekar-mekarnya (ehemmmm xixixi)

Efek 1:

Berdasarkan pengalaman, “3 hal dasar” itu  yang membuat tipe mahasiswa di tingkat 2/3 mulai terklasifikasi. Nih, pengalaman Adji ya di IPB itu kebanyakan akan muncul kaum-kaum “wibu” atau pecinta “KDrama” baru sebagai efek domino “3 hal dasar” tersebut .  Hal ini lantaran, di tingkat 2/3 kita dapat memilih jadwal lebih bebas berdasarkan keinginan kita. Adji yang juga terkena efek tersebut, merasakan senggangnya kuliah ini merupakan “Hari-Hari Tenang Sebelum Badai”.Banyak penyesalan pastinya yang akan muncul karena banyak waktu terbuang untuk hal tidak produktif selama kuliah senggang.

Efek 2:

Senggangnya kuliah ini menjadi cobaan sendiri bagi kita yang sibuk organisasi. Karena kita yang jadwalnya senggang pasti akan diberi tanggung jawab lebih besar dibandingkan yang padat oleh kakak senior di organisasi. Mungkin awalnya sebagian orang ada yang merasa terbebani, namun lambat laun hal tersbut tumbuh menjadi solidaritas yang erat. Nah, kadang kalau tidak cermat solidaritas itu akan melupakan arti pentingnya kita menjadi mahasiswa yang pasti adalah untuk menuntut ilmu(Ini perspektif  Adji ya, kalau ada yang ingin beropini dengan  perspektif lain silahkan)

So, how to manage everything?

Nah, manajemen waktu ini yang sedang Adji lakukan saat membuat post ini(Semoga dapat disesuaikan dengan versi teman-teman).

  1. Khususnya yang masih di tingkat 2, mulailah untuk fokus menempa diri di “dunia” yang ingin kalian tempuh saat bekerja nantinya

Contoh: Jika kalian ingin bekerja sebagai menjadi seorang entrepreneur, mulailah fokus dengan membuat bisnis ataupun belajar bisnis dari pakarnya. Karena jika kita serius menggeluti secara dini, usaha kita pasti akan berbuah hasil lebih cepat atas kehendak Allah juga yaa.

  • Mengkuti lomba yang sejalur dengan passion kita

Contoh: Banyak kompetisi yang kita jalani pasti akan menempa mental dan psikologis diri kita juga serta semakin banyak bertemu relasi yang “pasti” akan menjadi suksesor negeri di masa datang.

  • Mengikuti kegiatan sosial atau social volunteer, ini kesempatan yang mungkin’terakhir’ bisa kita lakukan bebas sebelum ‘terikat’ dengan pekerjaan tetap

So, langkah di atas dapat diambil sesuai karakteristik kita masing-masing ya, melakukan 3 hal tersebut saat senggang menurut Adji sangat Penting……

Karena dari situ kita dapat lebih belajar tentang karakter diri kita sendiri, jadi kita dapat lebih tahu dan bijaksana dalam menetukan langkah kedepan sebelum masuk ke ‘Dunia Masyarakat”

Thank you for coming, hope this post could find you to manage the time and find your next step

Fyi, I have tried those step by myself, and I still learning all of that

Selamat berkembang,

Regards,

Muhammad Adji Prakoso

Tinggalkan komentar